Pages

Selasa, 27 September 2011

Resume Sistem Operasi Pertemuan 3

Nama : Nur Amirulloh
Nim   : 10.41010.0100
Kelas : P2

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan.

Contoh-contoh dari sistem operasi misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain.


Kali ini kita akan membahas Sistem Operasi Linux yang berbasis OpenSource. Apa itu Linux dan fungsinya bagaimana akan dibahas di bawah ini :

Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang.

Direktori dan Sistem Berkas
Sistem berkas Linux dan Unix diorganisir dalam struktur hirarki, seperti pohon. Level tertinggi dari sistem berkas adalah / atau direktori root. Dalam filosofi disain Unix dan Linux, semua dianggap sebagai berkas, termasuk hard disks, partisi dan removable media. Ini berarti bahwa semua berkas dan direktori (termasuk cakram dan partisi lain) ada di bawah direktori root.
Sebagai contoh, /home/jebediah/cheeses.odt menampilkan alur (path) ke berkas cheeses.odt yang ada di dalam direktori jebediah yang mana ada di bawah direktori home, yang berada di bawah direktori root (/).
Di bawah direktori root (/), ada beberapa kumpulan direktori sistem penting yang umum digunakan oleh banyak distribusi Linux lainnya. Di bawah ini adalah daftar dari direktori umum yang berada tepat di bawah direktori root (/) :
  • /bin - aplikasi biner penting
  • /boot - lokasi berkas konfigurasi untuk boot.
  • /dev - berkas peranti (device)
  • /etc - berkas konfigurasi, skrip startup, dll (etc)...
  • /home - direktori pangkal (home) untuk pengguna
  • /lib - libraries yang diperlukan oleh sistem
  • /lost+found - menyediakan sistem lost+found untuk berkas yang berada dibawah direktori root (/)
  • /media - mount (memuat) removable media seperti CD-ROM, kamera digital, dll...
  • /mnt - untuk me-mount sistem berkas
  • /opt - tempat lokasi untuk menginstal aplikasi tambahan (optional)
  • /proc - direktori dinamis khusus yang menangani informasi mengenai kondisi sistem, termasuk proses-proses (processes) yang sedang berjalan
  • /root - direktori pangkal untuk root, diucapkan 'slash-root'
  • /sbin - sistem biner penting
  • /sys - mengandung informasi mengenai system
  • /tmp - berkas sementara (temporary)
  • /usr - tempat aplikasi dan berkas yang sering digunakan oleh pengguna (users)
  • /var - berkas variabel seperti log dan database

Perintah Umum

·         - Menilik Direktori - ls , Perintah ls (LiSt) melihat daftar berkas dalam suatu direktori.

·         - Membuat Direktori: - mkdir (nama direktori), Perintah mkdir (MaKeDIRectory) untuk membuat direktori.

·       - Mengubah Direktori: - cd (/direktori/lokasi), Perintah cd perintah (ChangeDirectory) akan mengubah dari direktori Anda   saat ini ke direktori yang Anda tentukan.

·       - Menyalin Berkas/Direktori: - cp (nama berkas atau direktori) (ke direktori atau nama berkas), Perintah cp (CoPy) akan menyalin setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah cp -r akan menyalin setiap direktori yang Anda tentukan.

·        - Menghapus Berkas/Direktori: - rm (nama berkas atau direktori), Perintah rm perintah (ReMove) akan menghapus setiap berkas yang Anda tentukan. Perintah rm -rf akan menghapus setiap direktori yang Anda tentukan.

·        - Ganti Name Berkas/Direktori - mv (nama berkas atau direktori), Perintah mv (MoVe) akan mengganti nama/memindahkan setiap berkas atau direktori yang Anda tentukan.

·      - Mencari Berkas/Direktori: - mv (nama berkas atau direktori), Perintah locate akan setiap nama berkas yang anda tentukan yang ada di dalam komputer. Perintah ini menggunakan indeks dari berkas dalam sistem Anda untuk bekerja dengan cepat: untuk memutakhirkan indeks ini jalankan perintah updatedb. Perintah ini berjalan otomatis setiap hari, apabila komputer Anda nyala terus setiap hari. Dan perintah ini harus dijalankan dengan hak istimewa administratif (lihat “Root Dan Sudo”).

Perintah-Perintah Dasar Linux

Sebagai panduan Anda, berikut adalah daftar perintah secara alfabet. Sebenarnya, Anda dapat saja menekan tab dua kali untuk melihat semua kemungkinan perintah yang dapat digunakan. Misalnya Anda ingin mengetahui perintah apa saja yang dimulai dengan huruf a, maka Anda cukup mengetikkan a lalu tekan tab dua kali!

Daftar Perintah Menurut Alfabet
·         ~  &, digunakan untuk menjalan perintah di belakang (background)
   Contoh: wget http://id.wikibooks.org &

·         ~  Adduser, digunakan untuk menambahkan user.
   Contoh: # adduser udin

·   ~ Alias,digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Misalnya bila Anda ingin perintah ls dapat juga   dijalankandengan mengetikkan perintah dir, maka buatlah aliasnya sbb:$ alias dir=ls

·     ~  Bg, untuk memaksa sebuah proses yang dihentikan sementara(suspend) agar berjalan di background. Misalnya menjalankan perintah di foreground (tanpa diakhiri perintah &) dan suatu saat Anda membutuhkan shell tersebut maka dapat memberhentikan sementara perintah tersebut dengan Ctrl-Z kemudian ketikan perintah bg untuk menjalakannya di background.

·         ~  Cat, untuk menampilkan isi dari sebuah file di layar.
    Contoh: $ cat /nama/suatu/file

·      ~  Cd, untuk berpindah direktori dan saya kira Anda tidak akan menemui kesulitan menggunakan perintah ini karena cara penggunaanya mirip dengan perintah cd di DOS.

·         ~  Chgrp, untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori. Misalnya untuk memberi ijin pada kelompok atau grup agar dapat mengakses suatu file. Sintaks penulisannya: # chgrp

·      ~  Chmod, untuk menambah dan mengurangi ijin pemakai untuk mengakses file atau direktori. Anda dapat menggunakan sistem numeric coding atau sistem letter coding.

·          ~  Chown, merubah user ID (owner) sebuah file atau direktori

·          ~  Cp, untuk menyalin file atau copy.

·          ~  Fg, Mengembalikan suatu proses yang dihentikan sementar(suspend) agar berjalan kembali di foreground.

·       ~ Find, Untuk menemukan dimana letak sebuah file. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang Anda   tentukan. Misalnya akan dicari semua file yang berakhiran .doc di current direktori serta tampilkan hasilnya di layar: $ find . -name *.doc -print

·          ~  Grep, perintah untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah ditentukan.

·          ~  Gzip, software kompresi zip versi GNU, fungsinya untuk mengkompresi sebuah file. Sintaksnya: $ gzip

·         ~  Hostname, untuk menampilkan host atau domain name sistem dan bisa pula digunakan untuk mengesset nama host sistem.
    Contoh pemakaian: [user@localhost mydirectoryname] $ hostname



6 komentar:

  1. nama : irfan kurniawan P.A
    nim: 11410100101
    url : http://dragneel-dragon.blogspot.com/2011/10/pengalaman-kerja-dan-komunikasi.html

    BalasHapus
  2. Nama : tri kunto arif bagus bramanta
    Nim : 11410100095
    URL : http://trikuntoarifbagusbramanta.blogspot.com/2011/10/nama-tri-kunto-arifbagus-bramanta-nim.html

    BalasHapus
  3. Nama : bagus anggoro putra dewa
    Nim : 11410100092
    URL :http://dewaadewo.blogspot.com/2011/10/pengalaman-kerja-dan-komunikasi.html

    BalasHapus
  4. Nama : bagus anggoro putra dewa
    Nim : 11410100092
    URL :http://dewaadewo.blogspot.com/2011/10/napza.html

    BalasHapus
  5. Nama : Wahyu Dewantara
    Nim : 11410100099
    URL :http://wahyudewantara09.blogspot.com/2011/10/napza_4773.html

    BalasHapus
  6. nama : irfan kurniawan P.A
    nim : 11410100101
    url blog : http://dragneel-dragon.blogspot.com/2011/10/napza.html

    BalasHapus